Penulis Robbyan Abel Ramdhon / fotografer Reza Eka Adi

Event MotoGP Mandalika 2022 kini sedang digelar di Lombok.

Lomba balapan motor internasional itu terhitung mulai 18-20 Maret 2022.

Siapa sebelumnya yang menyangka, pulau yang nyaris hilang dari peredaran pembangunan ini, sekarang malah jadi pusat perhatian dunia.

Terlepas dari kritik yang menyasarnya, tidak bisa dipungkiri, event MotoGP Mandalika 2022 telah berikan dampak ekonomi yang begitu signifikan bagi masyarakat di pulau Lombok.

Kita boleh mengatakan itu signifikan bila melihat bagaimana sebelumnya Lombok dihantam habis oleh gempa bumi, banjir, hingga pandemi covid-19.

Dampak positif tersebut tentu saja tidak merata. Mungkin mayoritas yang merasakannya adalah mereka yang hidup di kawasan Lombok Tengah, Kota Mataram atau Lombok Barat (Senggigi).

“Kami tadi mengumpulkan data di airport,  300 UMKM yang berpartisipasi langsung melalui virtual peningkatannya luar biasa dan sudah memenuhi sampai Rp1,2 miliar,” kata Sandi dalam kunjungan kerjanya saat meninjau aktivitas penjualan UMKM di BIL, Jumat (18/3/2022).

Namun demikianlah, pintu masuk tidak selalu bisa dimasuki oleh semua penghuninya secara bersamaan.

Ada proses yang harus dilalui secara bergiliran.

Sehingga ke depannya, kendati dampak tersebut tidak dirasakan secara merata, setidaknya kita akan merasakannya secara bergantian di waktu yang berbeda.

Kesempatan itu masih panjang, mengingat Dorna (selaku penyelenggara event olahraga internasional) telah meneken kontrak dengan Indonesia selama sepuluh tahun ke depan.

Artinya, Sirkuit Mandalika itu, atau daerah-daerah lain di NTB tidak menutup kemungkinan juga akan menjadi tuan rumah seperti Mandalika saat ini.

Selamat #Begawe Lombok, Nusa Tenggara Barat. Setelah selesai Event MotoGP Mandalika 2022 nanti, mari kita #Meriap bersama.

Untuk meningkatkan kualitas ekonomi di Lombok dan NTB, tanpa merusak apa pun arti dari lingkungan dan kemanusiaan.

lasingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *