Lalu Pramukti Gazali adalah pemuda yang menggeluti profesi sebagai tukang pijat kretek dan sudah menangani ribuan pasien.

Ia membuka praktek di sebuah ruko di kawasan bekas pasar Kelayu, Lombok Timur, namun juga menangani pasien sampai luar kabupaten. Bahkan, ia menyebut kebanyakan pasiennya berasal dari Kota Mataram.

Ilmu pijat kretek sendiri ia warisi dari sang nenek. Pram menuturkan, neneknya menjadi tukang pijet puluhan tahun lalu. Tidak hanya di Lombok, bahkan pernah menerima pasien hingga terbang ke luar Provinsi.

Bisa dibilang, Pram hidup di keluarga tukang pijat. Tidak hanya dia yang mewarisi itu, juga ada paman hingga saudaranya.

Pram pun sebenarnya sudah menguasai pijat kretek sejak SMP, tapi ia baru benar-benar menggelutinya sejak setahun terakhir.

Pram mengatakan, ia memadukan ilmu pijat yang diwarisinya dari nenek dengan ilmu yang digalinya secara mandiri sesuai perkembangan zaman.

Tarif yang dikenakan untuk praktek refleksi dengan nama medis chiropractic sekitar Rp150 ribu per orang. Dalam beberapa kesempatan, ia malah tak meminta upah jika pasien yang ia tangani membutuhkan bantuan namun terkendala biaya.

Sehari, Pram bisa menangani pasien sebanyak 16 orang. Itu pun Pram menuturkan cukup kewalahan dengan banyaknya permintaan.

Berkeliling ia tiap hari menggunakan motor, dari rumah ke rumah, mendengarkan keluhan soal tulang, otot hingga kehidupan pasien.

Pria berusia 29 tahun ini tak hanya menyediakan jasa pijet kretek, tapi juga pijat cidera otot yang lebih spesifik. Tak heran, pasiennya pun juga berasal dari kalangan atlet.

Promosi pijat kretek ia sebarkan melalui akun instagram miliknya @pramskater.

“Sambil jadi konten kreator,” akunya.

Di sana, ia sering membagikan momen saat menangani pasien yang menarik minat banyak orang. Alhasil, permintaan dari berbagai daerah mulai bermunculan.

“Saya sampai kewalahan karena banyak sekali permintaan. Kadang ada yang saya respons agak telat, tapi saya selalu usahakan untuk balas,” ungkapnya.

Menjelang akhir tahun ini, tercatat sudah ribuan pasien yang ditangani Pram. Tak hanya pasien dari Lombok saja, tapi mereka yang dari luar pulau juga datang untuk mencarinya.

Dengan semakin banyaknya permintaan dari pasien, Pram rencananya akan membuka tempat praktek di Kota Mataram agar lebih mudah diakses oleh pasar terbesarnya.

Sementara untuk pemesanan secara online, calon pasien dapat menghubungi via akun instagram @pramskater atau Whatsapp, 087703254564.

lasingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *