Mantan Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia sekaligus mantan pemain sepakbola Fabio Olivera memiliki perjalanan karir sepakbola yang panjang.

Dari awalnya merumput di Negeri Samba Brasil, nama Fabio Oliveira sudah cukup populer di barisan pemain maupun kepelatihan sepakbola Indonesia.

Perjalanan pria kelahiran Rio De Janeiro, Brasil ini dimulai sejak dirinya berusia 16 tahun.

Pada tahun 1989, Fabio Oliveira bermain di kampung halamannya, di klub Olaria Atletico Clube saat masih berusia 16 tahun.

Tiga tahun membela klub kampung halamannya, ia bergabung dengan Clube de Regatas Flamengo selama dua tahun.

Selama dua tahun membela Regatas Flamengo, Fabio berpindah ke Madureora Esporte Clube.

Hanya beberapa bulan di Madureira, Fabio terpanggil untuk membela salah satu club Jerman, Stuttgart Kickers Germany pada tahun 1994.

Setahun berselang, Fabio kembali pulang ke Brasil untuk membela klub kampung halamannya, Olaria Atletico Clube, pada tahun 1995.

Tetapi Fabio hanya bernostalgia selama setahun saja di klub kampung halamannya, dan memilih untuk bermain di klub Indonesia.

Tepatnya pada 1996, Fabio Oliveira bermain untuk klub sepakbola Indonesia pertamanya, Persita Tangerang.

Semusim di Persita Tangerang, Fabio yang berposisi gelandang serang itu ramai diperbincangkan oleh sejumlah klub di Indonesia.

Alhasil di musim ke dua tahun 1998, Fabio Oliveira dipinang oleh klub asal Minang, PSP Padang.

Selama dua musim membela PSP Minang, Fabio hijrah kembali ke klub awalnya, di Persita Tangerang pada tahun 2000.

Sebelum mengakhiri karir sepak bola di Indonesia, ia bergabung di klub PSIM Jogyakarta dan gantung sepatu di Persiter Ternate pada tahun 2005.

Setelah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola, ia kembali ke Brasil untuk mengikuti pelatihan menjadi pelatih sepak bola profesional (treinador de futebol profissional).

Fabio pun akhirnya mengantongi lisensi resmi sebagai pelatih, dan ia berkecimpung untuk menjadi pelatih yang dimulai pada tahun 2007 untuk Brasillian Soccer Academy di Indonesia.

Satu tahun berlalu ia mulai melatih untuk klub Suryanaga FC, pada tahun 2009 ia berkesempatan melatih klub Persebaya U-23 selama setahun.

Setelah berkesempatan menjadi pelatih klub sepak bola di Indonesia, karirnya mulai serius dan kapasitasnya sebagai pelatih mulai diperhitungkan oleh sejumlah klub.

Di antaranya diawali menjadi asisten pelatih PSM Makasar pada tahun 2010 hingga 2011.

Sukses dengan kemampuannya, pada tahun 2012 ia di panggil ke Ibu Kota Indonesia, Jakarta untuk menjadi kepala pelatih Persija Jakarta.

Persija Jakarta mendapatkan bekal strategi-stragi dalam putaran liga IPL selama semusim.

Usai membekali Persija selama semusim, ia di berikan kesempatan untuk menjadi asisten pelatih Tim Nasional Indonesia senior selama satu musim, tepatnya pada tahun 2013.

Di tahun 2013 juga, Fabio Oliveira melatih klib Persebaya Surabaya selama semusim hingga tahun 2014.

Berlanjut ke klub pertamanya bermain sepakbola di Indonesia, Fabio melatih Persita Tanggerang selama semusim, 2014 hingga 2015.

Usai di Persita Tanggerang, Fabio Oliveira melatih di Sport Research and Development of PERSSOCI Street Soccer Indonesia tahun 2015.

Juga klub asal Timor Leste, Carsae FC Timor Leste mencicipi racikan Fabio Oliveira selama setahun, hingga tahun 2016.

Berada di balik layar Madura United pada tahun 2017 juga pernah dirasakan oleh Fabio.

Hingga melalang buana untuk melatih salah satu club di negeri ginseng, Korea Selatan pada tahun 2018 juga pernah dilakoni Fabio Oliveira.

Hingga terbaru tahun 2022, Fabio Oliveira sukses menjadi Technical Director Lombok FC.

Fabio menghantarkan Lombok FC sebagai juara Grup A putaran Liga 3 Asprov PSSI NTB.

Namun Liga 3 Asprov PSSI NTB harus terhenti, akibat peristiwa Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Dan Fabio memutuskan untuk nostalgia pada Desember 2022 ini ke negeri asalnya, Brasil.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *